Header Ads

10 Tips Dalam Merancang Kitchen Set

                            
Bagi rumah dengan desain minimalis yang sangat populer saat ini, tentunya ruang yang tersedia bagi Anda untuk menata setiap ruangan di istana Anda juga semakin sedikit. Area dapur misalnya, sangatlah penting untuk dirancang dengan baik.

Selain untuk menyimpan berbagai peralatan dan bahan masakan, dapur juga adalah tempat Anda membuat makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga Anda. Oleh karena itu, dapur harus dirancang dengan baik walaupun di rumah yang berdesain minimalis. Berikut adalah beberapa tips dalam merancang dapur atau kitchen set yang sesuai dengan konsep minimalis rumah Anda.

1. Perhatikan Desain Kitchen Set
Karena dapur merupakan salah satu ruangan dalam rumah Anda, pastikan agar desainnya sesuai dengan desain atau tampilan rumah. Misalnya jika rumah Anda berdesain klasik, desain dapur Anda dengan kitchen set bernilai klasik. Desain dapur yang berbeda dengan desain rumah akan membuat dapur Anda menjadi tidak cocok dan terasa kurang pas.

2. Perhatikan Luas Dapur
Perhatikan dan sesuaikan kitchen set dengan luas dapur Anda. Jika dapur Anda sempit, utamakan kabinet atas dan kabinet bawah dan optimalkan penyimpanan segala perlengkapan dapur pada kabinet-kabinet tersebut. Jangan simpan pisau di kabinet atas karena dapat menyebabkan terjadi kecelakaan yang tidak diiginkan. Lebih baik gunakan tempat pisau untuk menyimpan pisau dapur Anda.

3. Perhatikan Bahan Dasar Kitchen Set
Bahan kitchen set seperti plywood sangat disarankan untuk dipilih karena daya tahannya terhadap rayap yang lebih baik. Plywood juga kuat untuk pemasangan sekrup. Bahan kayu lain yang cukup bagus adalah meranti atau kayu jati. Namun biaya yang dibutuhkan untuk bahan-bahan unggulan ini tidaklah murah sehingga perlu disesuaikan dengan anggaran Anda.

4. Perhatikan Bahan Finishing
Finishing berfungsi untuk membuat kitchen set lebih cantik dan juga melindungi bahan dasarnya agar lebih menjadi tahan lama. Ada cukup banyak jenis bahan untuk  finishing pada bahan kayu, dan Anda dapat berkonsultasi dengan pembuat kitchen set mengenai bahan yang akan Anda pakai.

5. Pemilihan Perlengkapan Dapur
Untuk dapur yang minimalis, Anda harus memikirkan fungsi dari perlengkapan dapur sebelum desainnya, karena ruangan yang tersedia hanya sedikit dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pemilihan kapasitas perabotan yang memerlukan tempat yang cukup luas seperti kulkas jugaperlu diperhatikan. Misalnya jika anggota keluarga Anda sedikit, lebih baik gunakan kulkas yang berukuran lebih kecil untuk menghemat tempat.

6. Peletakan Perlengkapan Dapur
Letakkan kompor di dekat jendela atau exhaust untuk aliran udara yang lebih lancar dan sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran gas. Usahakan agar kompor bersebelahan dengan wastafel agar lebih mudah saat mencuci perlengkapan dapur.

7. Pencahayaan & Ventilasi
Semakin banyak cahaya semakin baik karena berarti Anda akan dapat melihat masakan Anda lebih baik untuk memastikan apakah masakan Anda sudah matang atau belum. Ventilasi juga penting karena dengan begitu bau masakan tidak masuk ke ruangan lain di rumah. Jika tidak dapur tidak memiliki cukup banyak jendela, gunakan exhaust.

8. Pemilihan Paduan Warna
Karena perlengkapan yang Anda gunakan dipilih berdasarkan fungsinya, gunakan paduan warna untuk menambahkan daya tarik dapur minimalis Anda. Dengan menggunakan kombinasi warna yang dapat menaikkan mood memasak, Anda akan merasa lebih betah di dapur. Hindari warna putih karena warna putih akan membuat dapur Anda lebih cepat terlihat kotor.

9. Pintar Memilih Produk Murah Meriah
Memilih produk yang akan dibeli bisa menjadi sedikit “tricky”, terkadang Anda dapat menemukan produk yang mirip dengan impian Anda namun dengan harga yang jauh lebih murah. Solusi paling mudah adalah mengecek harga di toko online, salah satunya yang menyediakannya dalah lazada.co.id

10. Banyak Melihat Desain Dapur
Temukan inspirasi Anda diberbagai tempat, Anda dapat mengunjungi pameran-pameran desain interior atau sekedar browsing di internet. Semakin banyak inspirasi Anda, maka Anda memperluas pilihan Anda akan bagaimana dapur Anda terlihat nantinya.

10 tips dalam merancang kitchen set minimalis di atas dapat membantu Anda dalam merancang area memasak di rumah minimalis Anda. Karena dapur adalah salah satu bagian rumah yang pastinya akan sering Anda kunjungi, pastikan dapur Anda menjadi nyaman dan tidak membosankan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.